Parenting,

Persiapan MPASI Shaqeena - MPASI 6 Bulan

October 09, 2017 Oktiara dwindah 0 Comments

Deg degan bangetttt,,,, Saking deg degan nya saya sampe sampe beli buku "Paduan Lengkap MPASI beserta Menu untuk 365 Hari"... Tuhh kebayang ga saking pusing dan binggung mau kasih menu apa, akhirnya saya beli buku untuk panduan (Biar ga sotoy dan asal kasih) untuk MPASI anak saya..

Berbekal googling sanaa kesini, tanya sana sini, ternyataa ada 3 macam Panduan untuk memberi makan Anak : Ada dari WHO, FC, satu lagi lupa coba googling aja untuk panduan jelasnya.

Intinya dari ketiga panduan tersebut WHO mulai usia enam bulan  bayi boleh diberikan menu karbo lengkap dengan sayuran dan protein nabati maupun hewani disertai  penjelasan lengkap berapa porsi dan frekuensi pemberian sedangkan  panduan mpasi-food combining dimulai dengan pemberian buah usia 6-7 bulan  lanjut dengan dikenalkan karbo, sayuran, protein nabati (kacang-kacangan).Sedangkan pengenalan protein hewani di usia 8 bulan , disertai pula penjelasan lengkap mengenai buah apa aja yang aman dikonsumsi sejak 6 bulan.





Terus panduan MPASI WHO itu dilihat dari berbagai kriteria:

1. Age = 6 Bulan atau 180 hari. Qeena saat itu persis umur 180 hari (tapi saat itu sedang sakit), akhirnya saya kasih makan diumur 182 hari.

2. Frekuensi =  Di awal mulai makan (umur 6 bulan),1-2 kali makan /hari. Lalu ditambah jadi 2-3 kali makan plus 1-2 kali makanan ringan. Sejak umur 9 bulan berikan 3 kali makan dan 2 kali selingan makanan ringan. Umur 1 tahun ke atas, berikan 3-4 kali makan dan 2 kali selingan.

3. Texture =  Waktu mulai makan umur 6 bulan, berikan bubur kental atau puree. Jangan terlalu encer atau terlalu kental. Patokannya jika diletakkan di sendok, sendoknya dimiringkan, puree atau bubur itu tidak langsung tumpah. Setelah mulai makan beberapa minggu, sampai umur 9 bulan berikan bubur yang lebih kental atau bubur saring. Mulai umur 9 bulan sudah bisa diberikan makanan cincang halus, yang penting tidak keras, dan mudah dijumput anak. Umur 1 tahun, anak sudah bisa makan makanan keluarga.

4. Keragaman =  Jadi, sejak umur 6 bulan mulai kenalkan semua variasi makanan: pangan pokok (serealia, ubi-ubian), buah dan sayuran, kacang-kacangan, dan sumber hewani. Jadi, variasi sama di semua umur alias sevariatif mungkin, yang berubah cuma tekstur, jumlah, dan frekuensi yang meningkat. Kalau saya setiap kali Qeena makan selalu menu 4 bintang (Ada Karbo, ada Protein Hewani, Protein Nabati dan Sayur)

5. Aktif/Responsif = Tidak ada lagi acara menghidupkan TV atau jalan keliling kompleks agar anak mau makan. Respon anak dengan senyum, jaga eye contact, jangan lupa berikan kata-kata positif yg menyemangati. Suapi pelan-pelan, sabar, ceria, penuh humor.

6. Higenis...


 Itu kalau MPASI WHO, gimana kalau MPASI FC ?

Buah segar sebagai makanan pertama bayi

 Sebaiknya bayi usia dini (6-7 bulan) tidak diberi karbohidrat kompleks dalam bentuk nasi dan bahan makanan pokok lain yang tidak mudah dicerna. Lagipula, nasi dan makanan pokok lainnya tidak dilengkapi enzim pencerna pati sebagaimana buah. Pisang adalah satu-satunya buah kaya pati. Oleh karena itu bayi usia dini tidak diberi pisang dalam jumlah banyak (tidak lebih dari 50 gr setiap kali makan) dan diencerkan.

Setelah buah-buahan segar, secara bertahap pencernaan bayi diperkenalkan dengan bahan makanan lain, yaitu pati (nasi,kentang,dan makanan pokok lainnya) serta serat (beragam sayur-sayuran). Jika buah mengandung karbohidrat sederhana yang mudah dicerna,beras dan makanan pokok lainnya mengandung karbohidrat kompleks yang proses pencernaaannya lebih rumit. Sayuran juga mengandung serat, salah satu jenis karbohidrat yang tidak tercerna.

 Lazimnya, nasi dan makanan pokok lain serta sayuran diberikan pada bayi setelah berusia 7 bulan. 

Jadi apa perbedaanya ?
WHO/UNICEF sendiri sebetulnya lebih mengutamakan perkenalan makanan pokok/serealia sebagai MPASI pertama. Golongan serealia atau makanan pokok serta buah dan sayur cocok diberikan di awal MPASI karena golongan makanan ini berpotensi alergi rendah.

SEDANGKAN FC, lebih mementingan Buah dahulu. Lalu WHO lebih harus segera mengenalkan Protein dll, sedangkan FC, Protein dikenalkan pada usia sudah 9 bulan. #CMIIW

Saya Pilih apa ? 
Saya pilih WHO, Pertama kali Qeena makan saya kasih Puree tepung beras, bukan merek gasol ato yang lainnya (Pokoknya jadi ibu jangan malas dan jangan serba instan), Tapi puree beli beras organik, terus saya rendem seharian, jemur, sangrai, lalu blender..
Saya masih mengikuti program 2-3 hari menu makan yang sama, agar ketauan alergi apa anak kita. (Nanti sya share menu makan Qeena selama sebulan), lalu 14 hari saya masih memperkenalkan menu tunggal, lebih ke Serealia (Tepung beras, Oatmeal) lalu sayur dan buah seperti Wortel, pisang, pokat dan labu..

Persiapan MPASI 
1. Baby Safe Food Procesor (Steam and Blend) 

Ini bener bener ngebantu saya banget, ga perlu capek ngerebus di panci (Nutrisi hilang), tinggal di steam, terus langsung blender




2. Peralatan makan dan sendok bayi

3. Keju belcub, Unsalted butter, dan Evo (Extra olive oil)

Awalnya sempet ragu mau menambahkan ketiga item diatas, namun berbekal dr googling sana sini, katanya Keju dan UB (Unsalted butter) memiliki kandungan Lemak didalamnya. Oleh karena itu penambahan 2 item tersebut membantu kita utk menaikkan BB anak, selain itu EVO juga baik untuk otak anak karena mengandung omega #CMIIW.  Saya menambahkan ketiga item tsb hanya ketika saya berikan makanan menu 4 bintang (Karbo, Pro he, Pro nab, Sayur),, sedangkan buah2an saya berikan puree buah.

4. Beli Tepung beras, tepung beras mix rice (Ada beras coklat, merah, hitam. putih), oatmeal, chia seeds.. Semua non instand, dibuat sendiri, haluskan sendiri...

5. Saya memberikan menu 4 bintang ketika Qeen makan hari ke 15.. Saya lebih banyak memberikan ikan agar anak lebih pintar, ikan yang saya berikan diantarannya Tenggiri, Kakap dan salmon (6 bulan ini),, saya masih belum berani memberikan hati ayam,,, 

6. Celemek IKEA Mata Feeding M-Pasi..
Ini sumpah enak banget, celemeknya kalau kotor tinggal cuci  aja, tinggal di lap, kering dehh, ga perlu dicuci pake rinso dll. 

Jadi jadwalnya lebih seperti ini:
6M, 0 Day - 15 Day
Pagi jam 06.30 = Asi
Pagi jam 09.00 = Asi
Pagi jam 11.00 = Asi
Siang jam 12.00 = Bubur Puree
Sore jam 17.00 = Bubur Pure 

Selanjutnya = Asi


6M, 16 Day - 30 Day
Pagi jam 06.30 = Asi
Pagi jam 09.00 = Sarapan (Buah Puree)
Pagi jam 11.00 = Asi
Siang jam 12.00 = Bubur Puree
Sore jam 17.00 = Bubur Pure 

Selanjutnya = Asi

Menu (2X MAKAN) :
Menu Tunggal
6M, 0 Day - 02 Day = Puree Tepung Beras
6M, 3 Day - 04 Day = Puree Wortel
6M, 5 Day - 06 Day = Puree Pisang
6M, 7 Day - 08 Day = Puree Oat

Menu Dua Rasa
6M, 8 Day - 09 Day = Oat mix Pokat
6M, 10 Day - 11 Day = Tepung Beras Coklat + Kabocha
6M, 12 Day - 13 Day = Tepung Beras + Wortel
6M, 14 Day - 15 Day = Oatmeal + Pisang

Menu Empat Bintang
Menu Tiga Kali makan (Sarapan Buah)
6M, 16 Day - 17 Day = Pisang / (T. Beras, Tofu, Ikan Tenggiri, Brokoli)
6M, 18 Day - 19 Day = Kabocha / (T. Beras 5 warna, Tempe, Zucini, Ikan)


6M, 20 Day - 21 Day = Pokat / (Jagung, Tofu, Zucini, Ikan
6M, 22 Day - 23 Day = Buah Naga / (Jagung, Wortel, Tempe, Kakap)
6M, 24 Day - 25 Day = Pepaya / (Oatmeal, Tofu, Brokoli, Kakap)
6M, 26 Day - 27 Day = Pokat / (T. Beras Putih, Kecambah, Tofu, Kakap)
6M, 28 Day - 29 Day = Mangga / (Kentang, kacang2an, Bayam, Salmon)

Menu Buah Mix
6M, 30 Day - 31 Day = Pepaya + Melon / (Jagung, Kcg Panjang, Tomat, Salmon)

Jadi menu yang sudah dicoba selama 6 bulan adalah:

Karbo     : Tepung Beras, Oatmeal, Jagung, Kentang
Pro Nab  : Kacang2an, Tofu, Tempe, Kecambah
Pro He  : Kakap, Tenggiri, Ikan laut, Salmon (Ayam2an belum, karna saya pengan anak saya suka Ikan dan agar lebih cerdas)
Sayur      : Brokoli, Bayam, Tomat, Wortel, Zucini
Buah       : Pisang, Pokat, Kabocha, Mangga, Melon, Pepaya, Buah Naga


Hasil : 
- Buah Naga : Setiap habis makan ini pasti bentol kayak kutil gitu ditangan, jadi saya stop
- Brokoli : Kalau ada Brokoli pasti ga doyan, tapi tetep nelen cuma kurang lahap.

 
Additional:
- Extra Olive Oil = Mengandung Omega untuk kecerdasan anak
- Unsalted Butter = Mengandung Lemak (Karna bayi butuh lemak)
- Keju (belcub/babybel) = Mengadung Kalsium dan gizi lainnya

Untuk additional diatas saya hanya menambahkan sedikit, tidak terlalu banyak, secukupnya saja.

 
Menu makannya 2 hari 1 menu yang sama agar bisa mengenali alergi pada makanan apa saja dan agar Bayi lebih megenal rasa.

Okay, sekian dulu ya share tentang MPASI nya anakku, di entri selanjutnya saya akan menuliskan menu apa saja yang sudah di konsumsi Qeen,, Semoga bermanfaat :)
 

You Might Also Like

0 komentar: