Parenting,

Perkembangan Bayi ku Umur Delapan Bulan - Berserta MPASI nya

January 06, 2018 Oktiara dwindah 0 Comments

Mengacu www.panduanibu.com
Mengenai berat badan rata-rata, bayi perempuan rata-rata berbobot 6.3-9.6 kg kg dengan panjang kira-kira 64 – 71.1 cm.

Jenis KelaminWanita
Usia Anak8 Bulan
Tinggi badan optimal 
Rentang
(64 – 71) Cm
Berat badan optimal 
Range
(6.3 – 9.6) Kg
Pada usia ini, selain mulai bisa merangkak, giginya tumbuh menjadi 4 (Serem mak nya haha). Dia juga mulai bisa duduk tanpa bantuan atau ditopang.



Kemampuan Berkomunikasi
Kalau ga suka, nangisnya kencengg banget (sebenanrnya bukan nangis sih, lebih tepatnya berteriak seperti menangis), misal saya suka peluk sambil tiduran, kadang dia mau, kadang dia teriak ga mau haha, terus udah ngocehhhhh, teriak teriak, terus kalau dari jauh liat saya, dia manggil lohhh, manggilnya gini “ eee , eee”,, ya bener nada suaranya ya manggil hahaha, sambil alis nya naik naik manggil saya wkakakak,, atau kalau neneknya lewat, suka manggil “ eee,eee” hahah geli sendiri saya..



Kemampuan Motorik
Merangkak udah lancar tanpa bantuan perut, kalau dulu kan merangkak pake perut ngesot, kl sekarang ga pake bantuan perut, cuman belum lancar banget

Qeena udah bisa ngapain aja ?
1. Tumbuh GIGI hahahah, kalau pas 7 bulan udah 2, sekarang 8 bulan udah 4 buu ibuuu,, kalau nyusu suka ngegigit maknya jadi stress  T_T
2. Sudah bisa merangkak (tanpa bantuan perut, tapi belum gagah)
3. Duduknya udah sempurna
4. Sekarang ga mau diemm,,,,, kalau dikaparin, pasti ada aja yang mau dipegang, kalau ada plastik depan mata, pasti mau dimasukin dimulut, pokoknya kalau lagi dipangku dimobil pasti ga mau diem, mau tegak
5. Sekarang kalau lagi pegang mainan, terus kita ambil, dia merengek marah hahaha,, terus saya kembalikan lagi, baru diem, terus saya tarik lagi, nangis lagi hehe
6. Suka ngakak hhaahaha, teriak kenceng kenceng sampe sakit kuping saya,, terus juga  kalau ditempat tidur pasti tetep mau berdiri tegak, cari senderan, tetep mau berdiri -_-


MPASI 8 BULAN :
Nah untuk MPASI 8 bulan ini masih sama seperti usia 6 bulan, bedanya kalau dulu karbo nya itu tepung beras, pas 7 bulan bubur saring, kl sekarang bubur Lembek tidak disaring
-  Ambil segengam beras cuci bersih
-  Masukkan kedalam panci dan beri air segayung
-  Masak sampai lunak, jika kering masukan lagi air dst, hingga lunak dan siap disajikan

Untuk menu sayurnya tetep Menu 4 bintang (masih sama seperti kemarin) dan masih ada yang di blender dan di cacah (serut).

Sayur : Bayam hijau, bayam ungu, labu siam, wortel, terong, brokoli putih, brokoli hijau, tomat, zucini, kabocha

Pro Nab : Ikan tenggiri, laut, kakap, gurami, yampung bagian dada, ceker yampung, daging sapi, telur yampung

Pro hew : Kecambah, edamame, tahu, tempe, tahu sutra, kacang mix (lentil, ijo, merah)

Karbo : Jagung, kentang, beras saring/tepung beras, ubi ungu, ubi manis jepang, ubi cilembu

Untuk durasinya juga berbeda,

-  Kalau dulu 6 bulan hanya 2x makan dan menunya serba puree ( 6m 1 day – 15 day) Dan ditambah sarapan juice buah/sayur/Oatmeal (6 m 16 day – 30 day)
-   Kalau sekarang 7 bulan dan 8 bulan tetep sama makan tetep 2x (Pagi sore), sarapan 1x dan juice 1x
Sarapannya lebih seperti :  Oatmeal + pure wortel, tepung beras + pure zucini, kacang kacangan + kabocha, Jagung manis + tahu, kentang + tempe dll
Sedangkan Juice jam 09.30 – 10.00 pagi : Juice pepaya, pokat, mangga gincu, pisang cavendish, melon dll.



Jadi jadwalnya lebih seperti ini:
Pagi jam 06.30 = Asi
Pagi jam 08.00 = Sarapan
Pagi jam 09.30 = Juice
Pagi jam 10.30 = Asi
Siang jam 12.00 = Bubur Saring
Siang jam 15.00 = Asi
Sore jam 17.00 = Bubur Saring
Selanjutnya = Asi




Tidak ada imunisasi

You Might Also Like

0 komentar: