Parenting,

Perkembangan Bayi ku Umur Sembilan Bulan - Berserta MPASI nya

January 06, 2018 Oktiara dwindah 0 Comments

Mengacu Alodokter.com

Jenis KelaminWanita
Usia Anak9 Bulan
Tinggi badan optimal 
Rentang
(67.5 - 76.5cm) Cm
Berat badan optimal 
Range
(6.5 - 10.5kg) Kg


Pada usia ini, selain mulai bisa merangkak, giginya tumbuh menjadi 4 bagian atas bawah sudah menunjukan batang hidungnya hahah alias sudah hampir sempurna (Serem mak nya haha). Dia juga mulai bisa duduk tanpa bantuan atau ditopang lalu. Eh terus sudah ada 2 tunas gigi baru dibagian atas, 2 sudah sempurna, 2 lagi ada tunasnya (Mak nya nambah strress mengingat kekejaman sang anak yang kalau nyusu suka gigit gigit L ) haha..






Kemampuan Berkomunikasi

Sekarang udah lincahhhhhhhhh banget merangkak, pernah saya lagi didapur, dia diruang tengah, dan you know what, dia nyusul saya, tau tau udah didapur hahahha, dia teriak teriak pas diruang tengah, terus saya panggil dia,, ehh kupingnya  bagus ya nak,, saya teriak namanya didapur, ehh si doi nyusul ke dapur hahaha,, terus kalau berdiri, sekarang suka sok hebat, kan pake dua tangan tuh, pernah suatu kali tangan dua duanya dilepas hahahahahahaahah adohhhhh stres nambah mak ny wkakakaaka, terus sekarang bisa berdiri ga bisa turun,, jadi pas udah berdiri ada pegangan, mau turun ga bisa, dia nangis hahah saya ngakak abisss,, eh sekarang perlahan lahan dia bisa jongkok, jadi kalau mau turun, dia jongkok perlahan lahan, udah deh, landing dengan sempurna :p



Kemampuan Motorik

Merangkak udah lancar tanpa bantuan perut, kalau dulu kan merangkak pake perut ngesot, kl sekarang ga pake bantuan perut,  dan udah lancar dengan kecepatan 10 km/jam hahaha (lebai), tp beneran udah cepet banget kok..



Qeena udah bisa ngapain aja ?

1. Tumbuh GIGI hahahah, kalau pas 7 bulan udah 2, sekarang 8 bulan udah 4 buu ibuuu,,  dan sudah ada 2 tunas lagi digigi atasnya, jadi ramalan saya usia 10 bulan gigi atas ada 4, (dohhhh nambah stres mamaknya hahaha)
2. Sudah bisa merangkak (tanpa bantuan perut, dan sudah gagah hahaha, mode fast :p )
3. Duduknya udah sempurna
4. Sekarang ga mau diemm,,,,, kalau dikaparin, pasti ada aja yang mau dipegang, kalau ada plastik depan mata, pasti mau dimasukin dimulut, pokoknya kalau lagi dipangku dimobil pasti ga mau diem, mau tegak
5. Sekarang kalau lagi pegang mainan, terus kita ambil, dia merengek marah hahaha,, terus saya kembalikan lagi, baru diem, terus saya tarik lagi, nangis lagi hehe
6. Suka ngakak hhaahaha, teriak kenceng kenceng sampe sakit kuping saya,, terus juga  kalau ditempat tidur pasti tetep mau berdiri tegak, cari senderan, tetep mau berdiri -_-
7. Bisa TEPUK TANGAN,, horeeeeeeeeeeeee maknya girang bgt wkwkwkwkwk, kalau ada lagu, suka tepuk tangan dan joget wkwkwkw



MPASI 9 BULAN :

Nah untuk MPASI 9 bulan ini masih sama seperti usia 6 dan 7 bulan, bedanya kalau dulu karbo nya itu tepung beras, pas 7 bulan bubur saring, dan pas 8 bulan nasi Lembek tidak disaring, nah kalau 9 bulan bubur tapi ga lembek lembek amat, jadi ada tekstur kerasnya
-    Ambil segengam beras cuci bersih
-    Masukkan kedalam panci dan beri air segayung
-    Masak sampai lunak, jika kering masukan lagi air dst, namun jangan terlalu lembek lunak, agak seperti nasi teksturnya dan siap disajikan
Untuk menu sayurnya tetep Menu 4 bintang (masih sama seperti kemarin), dan kali ini tidak lagi di blender, semua sayur sayuran saya cincang, ikan, tahu tempe semua dicincang, dan masih di rebus (masih pke Evo),, nah nanti pas 10 bulan baru mau pake ELO (Tumis)

Sayur : Bayam hijau, bayam ungu, labu siam, wortel, terong, brokoli putih, brokoli hijau, tomat, zucini, kabocha

Pro Nab : Ikan tenggiri, laut, kakap, gurami, yampung bagian dada, ceker yampung, daging sapi, telur yampung

Pro hew : Kecambah, edamame, tahu, tempe, tahu sutra, kacang mix (lentil, ijo, merah)

Karbo : Jagung, kentang, beras saring/tepung beras, ubi ungu, ubi manis jepang, ubi cilembu

Untuk durasinya juga berbeda,
-   Kalau dulu 6 bulan hanya 2x makan dan menunya serba puree ( 6m 1 day – 15 day) Dan ditambah sarapan juice buah/sayur/Oatmeal (6 m 16 day – 30 day)
-   Kalau dulu pas 7 bulan (bubur saring) dan 8 bulan tetep sama makan tetep 2x (bubur lembek tidak disaring) (Pagi sore), sarapan 1x dan juice 1x
-   Kalau sekarang 9 bulan tetep sama kayak diatas cuman buburnya saya masak agak seperti nasi, jadi ga lembek banget..
Sarapannya lebih seperti :  Oatmeal + pure wortel, tepung beras + pure zucini, kacang kacangan + kabocha, Jagung manis + tahu, kentang + tempe dll
Sedangkan Juice jam 09.30 – 10.00 pagi : Juice pepaya, pokat, mangga gincu, pisang cavendish, melon dll.



Jadi jadwalnya lebih seperti ini:
Pagi jam 06.30 = Asi
Pagi jam 08.00 = Sarapan
Pagi jam 09.30 = Juice
Pagi jam 10.30 = Asi
Siang jam 12.00 = Bubur
Siang jam 15.00 = Asi
Sore jam 17.00 = Bubur
Selanjutnya = Asi



Imunisasinya adalah imunisasi Campak di Rs. Bunda, katanya ada 2 jenis, satu yang kayak di puskesmas (Rp.100.000 udah sama fee dokter), satu lagi yang bagus katanya (Beda distributor) Rp. 250.000, kemarin Qeena pake yang Rp.250.000 di Rs. Siloam (Karna kebetulan lagi di Siloam, jadi disitu aja)

You Might Also Like

0 komentar: