Holiday

6 Wisata Menarik di Yogyakarta

November 29, 2019 oktiara dwindah 0 Comments

Yogyakarta terkenal dengan gudeg, batik dan dikenal sebagai kota pelajar yang kata nya murah murah, masa iya ? hehe. Hari ini kita ke Jogja ada acara reuni dengan serangkaian Tour yang kita ikutin. Kemana saja kita kemarin ?

1. Borobudur
Ga mungkinkan kalo ke Jogja ke Borobudur, walaupuna lokasinya sangat jauh, tapi worth it banget kok kesini. Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.



Harga tiket adalah  Rp 50.000 per orang. Kemudian, untuk wisatawan anak-anak/pelajar Rp 25.000 per orang. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara (wisman) harga nya  USD 25 per orang dewasa dan anak-anak USD 15 per orang. Begitu masuk, kalian akan disambut puluhan penjual yang agak sedikit maksa jual dagangannya, tapi kata driver dicuekin aja kalo ga niat beli.

Nah begitu masuk langsung ke loket, lalu berjalan masuk. Untuk sampai ke area candi itu sangat jauh, jadi kalian harus jalan  lagi. Tapi kami memilih naik Mobil listrik, selain biar cepet dan juga menghemat tenaga hehe. Harga  Tiket mobil listrik Rp 15.000 per orang, mobil golf Rp 20.000 per orang, kemudian ada juga kereta taman Rp 10.000 per orang



Overall, kalau ke Yogyakarta kalian harus banget kesini, namun lokasinya sangat jauh namun worth it! Bawa topi karna disini panas, dan disini stroller friendly you don't need to worry if you bring stroller dan setiap kali beli tiket buggy nanti dapet air minum, kalau bisa bawa sendiri air minum, rasanya diatas borobudur ga ada jualan air minum


2. Omah Batik
Setelah main ke batik mahal, sekarang batik ke kelas agak murah dan terjangkau untuk kantong saya hahaha.. Omah BAtik ini rame banget, disini batiknya murah murah mulai dari harga 200-400 an ada. Dan disini juga luas, baik parkirannya luas, begitu juga ruangannya luas, cuman ga enaknya disini kalau size besar agak kurang banyak pilihannya.





3. Puncak Becici
Salah satu wisata alam yang dapat dikunjungi di Yogyakarta adalah Puncak Becici, yang berlokasi di Gunungcilik, RT.07/RW.02, Gn. Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783. Wisata alam ini memiliki hutan pinus seluas 4,4 hektar dengan alamnya yang masih alami dan hijau, udara yang masih segar dan hawa sejuk yang belum tercemar oleh polusi.


Banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan disini, yang pertama adalah Para pengunjung dapat melihat sinar matahari senja. Di Puncak Becici ini juga sudah disediakan camping ground yang cukup luas bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman camping yang seru.
Disini ada juga ayunan di kawasan Puncak Becici. Pengunjung juga dapat menyewa hammock yang telah disediakan oleh pengelola. Hammock yang disewa dapat digunakan dengan cara tiduran diatas hammock sembari menghirup udara segar disekitar pohon. Para pengunjung juga dapat memanfaatkan keeksotisan pohon pinus yang berada di Puncak Becici, melihat begitu banyaknya hutan pinus dan menghirup udara segar sedalam dalamnya.
https://tempatwisataindonesia.id





Harga tiket masuk Puncak Becici terbilang sangat murah yaitu Rp 2.500,-/orang.
Sedangkan untuk biaya parkir di Puncak Becici yaitu:
1.Sepeda Motor : Rp 2.000
2. Mobil : Rp 5.000
3. Bus : Rp 20.000

4. Keraton Jogja
Berlokasi di Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Keraton Jogja adalah  merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Banyak benda-benda peninggalan dalam keraton yang banyak menyimpan cerita sejarah yang berguna untuk tujuan penelitian dan referensi yang berguna pengetahuan generasi penerus bangsa. Benda-benda tersebut seperti perpustakaan yang menyimpan naskah kuno, pusaka kerajaan dan museum foto yang menyimpan koleksi foto raja-raja di Yogyakarta, keluarga dan kerabatanya. Upacara tradisional pun secara rutin dilaksanakan untuk melestarikan kebudayaan leluhur seperti jamasan ( memandikan pusaka dan kereta kerajaan ) dan Grebeg Maulud.

Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang lebih dikenal dengan nama Keraton Yogyakarta merupakan museum hidup bagi kebudayaan Jawa yang berada di Yogyakarta dan menjadi pusat perkembangan kebudayaan Jawa.



lalu ada juga Alun-alun Lor sebuah lapangan berumput, di bagian utara Keraton Yogyakarta. Dahulu tanah lapang yang berbentuk persegi ini dikelilingi oleh dinding pagar yang cukup tinggi. Sekarang dinding ini tidak terlihat lagi kecuali di sisi timur bagian selatan. Saat ini alun-alun dipersempit dan hanya bagian tengahnya saja yang tampak. Di bagian pinggir sudah dibuat jalan beraspal yang dibuka untuk umum.
Di pinggir Alun-alun ditanami deretan pohon Beringin  dan di tengah-tengahnya terdapat sepasang pohon beringin yang diberi pagar



5. Belanja Oleh Oleh di Bakpia Pathok 25
Berlokasi di Jl. AIP II KS Tubun NG I/504, desa Pathok Yogyakarta. Dari sekian banyak Bakpia, yang paling enak tuh Bapkia Pathok 25, tapi memang rasanya enak banget apalagi kalau kalian pesen yang kacang ijo yang fresh dari oven (Ini dijatah ya  1 orang hanya bisa beli 3) karna kemarin rame banget. Sisanya kalian bebas mau beli berapa banyak asalkan rasanya bukan yang kacang hijau fresh.


Tripadvisor

Bakpia ini terdiri dari berbagai rasa mulai dari Kacang Hijau, Nanas, Coklat, Keju, Durian, Kumbu dan campur, Kemarin pengen yang kumbu cuman kosong. Jadi kemarin yang aku cicip hanya Kacang hijau dan Nanas, dan rasanya worth it banget. Yang kacang hijau lebih mahal . Sayangnya kemarin lupa berapa harganya, yang jelas sangat terjangkau, estimasi 30 ribuan ya.



6. Batik Plentong
Mungkin sebagian orang agak anti mainstream kalo kesini ya, maksutnya sepanjang aku gooling untuk riset mau kemana aja di Jogja, aku ga pernah ketemu Batik Plentong sebagai salah satu tempat pariwisata diJogja, Tapi ya akhirnya kita main kesini. Ternyata tempat ini ga hanya menjual batik yang premium (Karna mahal2 banget), tapi juga disini ada proses pembatikan.




Jadi membatik dibagi 2
1. Batik cetak
2. Batik tulis
Difoto bagian  bawah ini adalah contoh batik cetak, cetakannya sudah ada, tinggal kita tempel di kain, sedangkan batik tulis bener bener dicet ditulis dengan tangan secara manual seperti foto diatas, oleh karna itulah kenapa harganya lebih mahal.





Ternyata proses membuat batik itu agak susah, pertama setelah dibentuk pola, lalu dilukis pake tangan, lalu dicet kalau ada warna tertentu, lalu dimasukan ke berbagai pewarnaan, lalu setelah itu direbus dgn perwarna ala, kayak dibak besar gitu, terus dijemur lalu digosok. Wajar jika memang ada batik yang harganya mahal, karna memang proses pembuatannya begitu memakan energi dan waktu. Namun disini sayangnya hanya menjual batik premium, rata rata hargaya jutaan, jadi siapkan kocek ya kalau  memang berniat membeli batik disini.



You Might Also Like

0 komentar: